Kawan, kali ini MDblog akan berbagi tentang cara membersihkan
karburator dan ruang bakar menggunakan prestone carb cleaner, sebenarnya
bisa pake larutan lain seperti STP, Gzox, dll. Kelebihannya kita g
perlu bongkarin karburator dan ruang bakar, simple kan..
Pasiennya adalah kendaraan operasional MDblog. Astrea Grand ’96 black
engine series lungsuran dari Bapak MDblog yang didapat dari Mbah
MdBlog, 3 generasi Masbroo…
Performa motor ini selalu maknyus, sering MDblog pakai untuk turing
jarak jauh seperti Bromo, Semarang, Yogyakarta bahkan Jakarta sudah
MDblog sambangi dengan motor tua ini, joknya yang super empuk ga bikin spring asser panas, wakakak… oiya, ini penampakan KM saat ini meski sempet mati sekitar 10.000an KM mungkin.
Oke, cukup perkenalannya dengan Grandy, sekarang saatnya bersih-bersih. Alat dan bahan yang disiapkan :
Obeng plus +,
Kunci busi,
Carb cleaner
Amplas
Lap kering
Pengerjaannya :
Langkah awal, mesin dipanaskan hingga anget kuku.. agar oli bersikulasi
lancar dulu kemudian menggunakan kunci busi, lepaskan businya. Kalau
habis dipakai, lebih baik didinginin sebentar agar pas buka busi ndak
bikin ulirnya slek.
Dilanjutkan dengan menyemprotkan Carb cleaner ke ruang
bakar, tapi sebelumnya posisikan piston di TMA (Titik Mati Atas) dengan
memasukkan gigi satu dan memutar roda belakang hingga mentok. Tujuannya
agar klep juga tersentuh cairan pembersih. Kemudian disambi membersihkan
busi dengan amplas, semprot carb cleaner di ujung elektroda busi dan di
lap sampai kering.
Nah kemudian pasangkan busi ke tempatnya. Sedikit tips, pasang
kembali menggunakan tangan dulu jangan dengan kunci busi, agar ndak over
power dan mengakibatkan ulir busi slek, baru dikencangkan dengan kunci
busi.
Langkah Kedua, buka manifold filter karburator dengan obeng
+, lalu miringkan agar mulut karburator terlihat. Tujuannya agar
memudahkan menyemprot cleaner dari mulut karbu.
Dalam kondisi kontak off, engkol mesin agar cairan terbuang ke
melalui klep out (jika cairan terlalu banyak, lebih baik buka busi baru
diengkol agar cairan kedorong keluar melalui lubang busi). Kemudian
nyalakan mesin dan bleyer-bleyer agar cairan terbakar sempurna, knalpot akan mengeluarkan asap putih yang ngebul-ngebul dalam tahap ini.
Kemudian tahan gas sedikit diatas putaran mesin idle dan semprotkan
cleaner 3-5x melalui mulut karbu, mainkan gas agar mesin tidak mati,
asap akan kembali mengebul, biarkan saja itu tandanya cleaner beserta
deposit kotoran terbuang keluar.
Semprotan terakhir agak banyak kawan, agar karburator banjir dengan
cairan cleaner dan mesin mati. Kemudian biarkan agar cairan bekerja
sempurba merontokkan deposit di dalam karburator. Sambil menunggu bisa
memasang kembali manifold filter karburator. Setelah 2-3 menitan, nyalakan mesin dan bleyer lagi sampai asam putih tipisnya hilang.
Selsai deh. Ndak repot kan Kawan, bersih bersih ini dilakukan dengan
interval 1000 Km, menggunakan cleaner yang mineral base bukan water base
dan akan lebih baik lagi jika filter karburator dibersihkan dan
ditambah dengan cleaner dari bahan bakar seperti Yamaha Carbon Cleaner
agar semakin bersih.
Produk ini sepertinya mengandung techron, senyawa kimia sama
seperti yang digunakan bbm mahal diluar sana kayak Caltex untuk menjaga
ruang bakar selalu bersih, pertamina di pertamax series sepertinya juga
ada bro.. besok MDblog liatin komposisi pertamax series buat
memastikan.
Sip tho…. mesin selalu terjaga kebersihannya, tarikan pun tetep cespleng!.
Baca juga :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar