Cara melakukan Service Karbulator mobil
Peralahan yang dibutuhkan :
1. Kunci 10 mm
2. Kunci 12 mm
3. Kunci 14 mm
4. Obeng Minus
5. Carbulator Cleaner
Cara melakukan Service Karbulator Sendiri :
1. Lepaskan terlebih dahulu tutup dan rumah saringan udara yang
menutupi karbulator. Biasanya cukup dengan menggunakan kunci 10 dan 12
mm.
Baut pengatur angin |
2. Setelah rumah saringan udara terbuka semua, bersihkan bensin
yang ada di ruang pelampung karbulator dengan cara membuka baut setelan
angin yang ada di bawah karbulator sebelah kanan dengan menggunakan
obeng minus sehingga bensin mengalir keluar. Baut tersebut dapat dibuka
hingga copot tetapi harap diperhatikan keberadaan baut tersebut agar
tidak hilang.
Baut drain untuk menyemprot spuyer |
3. Setelah itu kita dapat melanjutkan membuka baut drain 14 mm (
berfungsi sebagai penutup spuyer ) yang berada di bagian depan bodi
karbulator. Bensin endapan dalam karbulator akan mengalir keluar dari
bodi karbulator. Dari lubang drain ini, akan terlihat spuyer-spuyer
karbulator mobil kita, semprotkan carbulator cleaner ke dalam spuyer
tersebut dan kepada baut drain ini.
Tutup karbulator dengan tangan sambil menarik gas mobil |
4. Selesai menyemprot carbulator cleaner, pasang kembali baut yang
telah kita buka tadi dan segera nyalakan mesin mobil kita. Setel
putaran angin mobil pada baut penyetel angin karbulator agar mesin
langsam / stabil. Pada umumnya setelan akan langsam ketika disetel 1,5
putaran. Tutup bagian atas karbulator menggunakan tangan sambil menarik
gas mobil, tujuannya adalah agar sisa bensin kotor yang masih terdapat
pada karbulator dapat keluar.
Semprotkan carbulator cleaner ke dalam karbulator |
5. Semprotkan kembali carbulator cleaner ke dalam karbulator,
seketika itu pula mobil akan terasa seperti mau mati akibat RPM mobil
yang drop. Jaga agar RPM mobil tetap stabil atau di kisaran 2500 RPM
dengan cara membuka skep gas / menarik tali gas sehingga kotoran akan
terbuang dari bagian knalpot mobil.
6. Selesai menyemprotkan carbulator cleaner, kita dapat menyetel
kembali angin, kita dapat menutup baut setelah angin terlebih dahulu
hingga mesin hendak mati, lalu putar untuk membuka angin kira-kira
sampai 1,5 putaran. Atur putaran mesin sesuai dengan kondisi yang kita
inginkan ( tentunya bukan ketika kondisi gas drop ), gunakan feeling dan
perasaan untuk memutar baut. Hentikan putaran baut saat putaran mesin
stabil, dan biasanya dari putaran tersebut ditambahkan sekitar
seperempat putaran agar mobil mudah hidup saat kondisi dingin. Biasanya
proses stel angin ini akan menjadi mudah setelah kita berulang kali
mencoba mencari setelan angin yang pas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar